Jangan terburu-buru membuang sisa makanan, ini adalah cara yang aman untuk menyimpannya

0
7
tips untuk menyimpan sisa makanan untuk bertahan lama

Sayang sekali jika sisa makanan harus segera dibuang. Padahal ada banyak cara yang bisa Anda lakukan agar makanan ini tidak berakhir di tempat sampah. Misalnya dengan menabung dan membelanjakannya lagi sebelum basi. Tapi apa cara aman untuk menyimpan sisa makanan agar tidak rusak?

Simpan sisa makanan dalam wadah tertutup

Menyimpan sisa makanan di lemari es dengan wadah terbuka tidak hanya dapat terkontaminasi, tetapi juga mencemari bahan makanan lainnya. Dengan menggunakan wadah tertutup, aroma berbagai makanan yang disimpan di kulkas juga tidak tercampur menjadi satu. Jadi tidak ada aroma yang mengganggu.

Tidak semua sisa makanan bisa disimpan

Sayangnya, makanan seperti sayur tumis tidak termasuk sisa yang bisa disimpan di lemari es, terutama kemudian dipanaskan. Karena proses ini dapat membuat nutrisi sayuran jadi berkurang dan bahkan rusak.

Jangan masukkan kulkas ke dalam makanan yang masih panas

Biarkan makanan berubah menjadi suhu kamar sebelum menyimpannya di lemari es. Metode ini selain menjaga kualitas makanan, tetapi juga agar kulkas tidak mudah rusak oleh uap panas.

Beri label sesuai dengan tanggal penyimpanan

Meski bisa disimpan di lemari es, tapi bukan berarti makanan ini bisa bertahan terlalu lama. Karena itu, ketika disimpan di lemari es, lebih baik makanan ini diberi label sesuai dengan tanggal penyimpanan. Jadi bisa selesai dulu sebelum makanannya pecah.

tips untuk menyimpan sisa makanan untuk bertahan lama
Foto: Getty images / Amy newton-mcconnel via huffingtonpost

Baca juga: Resep akhir pekan, kue sarikaya super meleleh ala Dapur Indonesia

Jika perlu, pisahkan dalam wadah kecil

Jika porsi makanan sisa terlalu banyak untuk satu kali makan, tidak ada salahnya bagaimana membagi makanan ini dalam beberapa wadah kecil. Sehingga dengan porsi yang lebih kecil, Anda bisa mengeluarkan bahan-bahan yang dibutuhkan dan langsung menghabiskannya tanpa harus menyimpannya kembali di lemari es.

Selalu dapatkan info, tips dan berbagai resep di Kitchen Of Indonesia.
Ikuti kami di:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Dapur Indonesia
Youtube: Dapur Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here