Apa yang harus dihindari ketika menutupi ayam agar empuk dan gurih

0
41
tips untuk menutupi ayam agar tidak keras dan empuk

Untuk mempermudah dan mempercepat proses memasak ayam goreng, biasanya ayam pertama kali ditutup selama beberapa saat. Proses ini juga membuat ayam lebih empuk dan bumbu meresap ke dalam daging.

Namun sayangnya jika metode ungkepnya kurang tepat, bukannya membuat ayam jadi empuk dan enak, malah ada yang membuat ayam jadi tangguh. Sekarang untuk menghindari hal ini, ada beberapa kesalahan yang harus dihindari ketika menutupi ayam sehingga hasilnya empuk dan gurih.

Jumlah airnya tidak tepat

Adakah yang berpikir bahwa semakin banyak air digunakan untuk menutupi ayam, ayam itu akan menjadi lebih lembut? Faktanya adalah terlalu banyak air dapat membuat proses memasak ayam lebih lama dan daging ayam menjadi keras. Oleh karena itu ketika membahas ayam, Anda harus menggunakan jumlah air yang tepat untuk membuat daging ayam terendam dalam air.

Tetapi untuk merebut ayam asli, lebih baik menggunakan lebih banyak air mengingat perlu waktu lebih lama bagi ayam kampung untuk memeras daging.

Jangan memperhatikan waktu

Waktu adalah salah satu faktor yang harus diperhatikan saat melapisi ayam. Terlalu lama menutupi ayam bukannya membuat ayam lebih enak dan empuk, tetapi itu akan membuat tekstur alami ayam lunak sehingga akan menghilang sehingga akan membuat daging ayam terasa keras.

Tangkap ayam tanpa memotong

Adalah sah untuk menyita ayam dalam satu potong atau dalam satu potong. Namun bumbu yang digunakan untuk menutupi ayam utuh, akan lebih sulit meresap ke dalam daging ayam. Berbeda dengan ayam yang tertutup dalam keadaan telah dipotong-potong, bumbunya akan lebih mudah meresap dengan sempurna.

tips untuk menutupi ayam agar tidak keras dan empuk
Foto: freepik / alenor8

Baca juga: Butuh trik agar daging paha ayam tidak alot, intip jalannya ke sini

Hindari menggunakan api yang terlalu besar

Proses memasak ayam dengan panas rendah sepertinya membutuhkan waktu lebih lama daripada memasak ayam menggunakan api besar. Namun metode ini justru cara yang lebih tepat untuk membuat ayam lebih empuk dan enak. Karena menggunakan panas tinggi hanya akan merusak tekstur dan rasa ayam.

Kesalahan ayam yang patah harus dihindari
Foto: freepik / yuliyafurman

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep di Kitchen Of Indonesia.

Ikuti kami di:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Dapur Indonesia
Youtube: Dapur Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here